SENYUM PENDIDIKAN DI DAERAH PENGABDIAN

Seberapa besarkah kita sudah mensyukuri nikmat-nikmat yang sudah diberikan oleh Maha Pencipta langit dan bumi ini? Beruntungnya kita masih diberikan kemudahan untuk mendapatkan hal-hal yang banyak sekali orang lain inginkan tetapi mereka terkendala situasi dan kondisi yang rumit. Salah satunya adalah mengenyam pendidikan.

“Barang siapa yang hendak menginginkan dunia, maka hendaklah ia menguasai ilmu. Barang siapa menginginkan akhirat, hendaklah ia menguasai ilmu. Dan barang siapa yang menginginkan keduanya (dunia dan akhirat), hendaklah ia menguasai ilmu.” (HR.Ahmad)

Pendidikan dapat diartikan sebagai proses belajar seseorang untuk mendapatkan ilmu pengetahuan. Setiap manusia berhak mendapatkan pendidikan yang layak. Namun sayangnya tidak semua manusia mendapatkan kelayakan yang mumpuni. Sekolah merupakan wadah untuk mengenyam pendidikan, walau ada pepatah yang mengatakan untuk menuntut ilmu dapat dimana saja, kapan saja, dan dengan siapa saja.

Bersyukurnya kita masih diberikan tempat di sebuah perkotaan yang semuanya serba ada. Berbeda dengan hal di sebuah pedalaman desa yang akses menuju ke sekolah pun sangat terbatas, melewati perbukitan dan genangan air. Tetapi, semua itu tidak membuat anak-anak di pedalaman desa tersebut tidak menyurutkan niat mereka dalam menuntut ilmu, mereka bersemangat dan tidak menyerah melewati rintangan yang ada dihadapan mereka. Senyuman manis itu terpancarkan dari wajah lugu anak-anak di pedalaman desa saat menuntut ilmu walau dengan keterbatasan yang belum layak.

Untuk itu kita dapat mengambil pelajaran dari mereka bahwa jangan lupa untuk selalu bersyukur kepada-Nya atas nikmat yang telah diberikan kepada kita, terkhususnya kita sebagai tenaga pendidik yang menyalurkan ilmu-ilmu kepada anak-anak. Terlebih dengan kondisi di sebuah perkotaan dan fasilitas yang mumpuni di SDIT Insan Mandiri Depok.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top
1
Hubungi Kami di Sini
Assalamualaikum
ada yang bisa kami bantu?