Mengenal Allah SWT

Allah adalah Dzat yang menciptakan dan mengatur alam semesta. Kekuasaan dan keberadaannya tidak dapat diukur dengan akal manusia. Meskipun begitu kita wajib untuk mengenal Allah.

Pentingnya Mengenal Allah

  1. Menumbuhkan iman yang sempurna.
  2. Memahami sifat-sifat Allah seperti Maha Kuasa, Maha Kaya, Maha Perkasa dll.
  3. Menyadari bahwa segala sesuatu selalu disandarkan kepada Allah, yaitu saat menerima kebaikan selalu bersyukur dan saat menerima musibah selalu bersabar.
  4. Menyadari kewajiban yang harus diemban sebagai manusia, yaitu beribadah dan menyembah hanya kepada Allah serta senantiasa mencari kerido’an-Nya.
  5. Mengetahui tujuan hidup dan tidak mudah tertipu dengan gemerlapnya dunia.
  6. Menjadi orang yang selalu beruntung dalam segala hal, seperti sukses, Bahagia dll.

Iman Kepada Allah

  1. Percaya adanya keberadaan Allah secara fitrah, akal, syari’at, dan indera – secara fitrah yaitu sejak lahir secara naluri manusia mempercayai adanya Tuhan, secara akal adalah percaya bahwa segala sesuatu pasti ada yang menciptakan, secara syari’at adalah bahwa keberadaan Allah sebagai Tuhan sudah dijelaskan dalam semua kitab samawi (Taurot, Zabur, Injil, dan Al-Quran), dan secara indera dapat berupa permohonan doa manusia yang terkabul ataupun pertolongan Allah yang datang disaat kita membutuhkan.
  2. Percaya kepada Rububiyah-Nya – yaitu mempercayai bahwa Allah adalah satu-satunya Tuhan yang memiliki kuasa atas segalanya.
  3. Percaya kepada Uluhiyah-Nya – yaitu percaya bahwa Allah adalah satu-satunya Tuhan yang patut disembah.
  4. Percaya kepada nama-nama dan sifat-sifat Allah.

1 thought on “Mengenal Allah SWT”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top
1
Hubungi Kami di Sini
Assalamualaikum
ada yang bisa kami bantu?