Memilih Sekolah TK

Sekarang ini semakin banyaknya TK (Taman Kanak-kanak), mulai dari TK yang masih standar nasional hingga TK yang berstandar Internasional. Kita sebagai orang tua pastinya menginginkan segala sesuatu yang terbaik bagi anak- anaknya, terutama urusan pendidikan bagi anak. Sebelum anak memasuki SD (Sekolah Dasar), pada umumnya orang tua yang anaknya masih berusia 4 tahun hingga 6 tahun akan mengajak anaknya untuk bersekolah di Taman Kanak-kanak. Taman Kanak-kanak ini sering disebut pendidikan prasekolah. Hal ini terbukti bahwa TK dapat menjadi perantara antara keluarga serta SD (Sekolah Dasar) serta dapat membentuk bagaimana karakter serta kepribadian anak tersebut. Taman Kanak-kanak itu sendiri sangat berkontribusi bagi anak yang mengikuti kelas di TK, hal ini juga bisa menjadi dasar yang baik bagi anak ketika hendak memasuki pendidikan yang formal seperti SD.

Umumnya para orang tua mengalami kebingungan ketika akan menyekolahkan anaknya. Namun hal itu wajar terjadi sebab orang tua menginginkan pendidikan yang terbaik bagi anaknya. Termasuk memilih TK mana yang tepat, sebab sekarang ini pendidikan pra sekolah atau TK sering dianggap sangat penting hingga disejajarkan dengan pendidikan formal lainnya. Agar anda tidak kebingungan dalam memilih TK yang tepat bagi anak anda sebaiknya anda memperhatikan beberapa tips berikut ini:

1.    Perhatikan kualitas guru yang ada pada Taman Kanak-kanak, kualitas guru tidak hanya harus menyandang gelar sarjana, namun guru Taman Kanak-kanak harus mempunyai kemampuan dalam memancing anak agar ia dapat aktif dalam berkreasi, serta guru juga harus bisa merangsang bagaimana rasa keingintahuan anak. Selain itu perhatikan juga jumlah guru yang ada. Setidaknya dalam satu kelas ada dua orang guru yang dapat membantu anak dalam kegiatan di dalam kelas.

2.    Pilihlah sarana serta fasilitas yang ada di TK. Sesuaikan dengan apa yang di butuhkan oleh anak, hal ini dapat mengembangkan kebutuhan sistem motorik, kognitif, sosial maupun emoasi anak. Bukan bangunan yang mewah yang menjadi patokan namun kebersihan, keamanan serta manfaat itu sendiri.

3.    Pertimbangkan lokasi sekolah serta tatanan sekolah yang cukup aman. Pilih jarak tempuh kurang lebih 15 menit dari rumah anda agar anak anda tidak terlalu kecapean ketika sampai di sekolah.

Sumber : 7 Tips Penting Memilih Sekolah Taman Kanak-kanak (TK) – Bidanku.com http://bidanku.com/7-tips-penting-memilih-sekolah-taman-kanak-kanak-tk#ixzz45ohZ9wU8

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top
1
Hubungi Kami di Sini
Assalamualaikum
ada yang bisa kami bantu?