Manfaat Sholat

Emage repost from analisaaceh.com

Sholat merupakan kewajiban yang harus dikerjakan oleh setiap muslim. Di samping menjadi penggugur kewajiban, sholat juga memiliki faedah atau manfaat untuk yang membuat kita lebih senang mengerjakan kebaikan dan mencegah kita dalam melakukan kemungkaran atau kemaksiatan. Manfaat lainnya berkaitan dengan aspek sosial dan Kesehatan. Adapun manfaat tersebut antara lain:

Manfaat dalam Aspek Sosial

  1. Melatih Kebersamaan dengan Teman – Sholat lebih utama dilaksanakan secara berjamaah karena pahalanya akan dilipatgandakan menjadi 27 derajat dibanding sholat sendirian yang hanya mendapat 1 derajat. Dalam sholat berjamaah, semua jamaah menunjukkan kebersamaan, dari mulai berbaris lurus dan rapi, dan tertib mengikuti salah satu yang menjadi imam.
  2. Patuh dan Taat kepada Pemimpin – Sholat berjamaah mengajarkan kita patuh dan taat kepada pemimpin. Makmum harus selalu mengikuti gerakan yang dilakukan imam secara tertib dari takbirotul ihram sampai salam. Makmumpun harus mendengarkan dengan hikmat tatkala imam sedang membacakan bacaan sholat.
  3. Menerima Nasehat Kebaikan – Terkadang dalam sholat imam melakukan kesalahan baik bacaan maupun gerakan. Saat itulah kewajiban makmum untuk mengingatkan imam.
  4. Terbiasa Tolong-menolong – Sholat merupakan doa. Dalam sholat kita tidak hanya berdoa untuk diri kita sendiri, melainkan untuk kebaikan semua muslim. Artinya dalam setiap sholat kita sudah mendoakan saudara-saudara muslim kita dimanapun mereka berada.
  5. Memiliki Sikap Disiplin – Sholat 5 waktu mengajarkan kita untuk menjadi orang yang disiplin dan dapat mengatur waktu. Sholat di awal waktu lebih utama dibandingkan dengan menunda sholat.
  6. Sebagai Tanda Syukur – Allah telah memberikan banyak sekali nikmatnya. Bahkan nikmat Allah tidak terhitung jumlahnya. Dengan melaksanakan sholat, seorang muslim sudah menunjukkan salah satu tanda syukur kepada Allah atas segala nikmat yang telah diberikan-Nya.

Manfaat dalam Aspek Kesehatan

  1. Meningkatkan Sirkulasi Darah.
  2. Melancarkan Pencernaan.
  3. Meredakan Nyeri Punggung dan Nyeri Sendi.
  4. Menjaga Kesehatan Jantung.
  5. Menyehatkan Mental.
  6. Membuat Jiwa Lebih Damai.

Demikian manfaat yang kita dapat dari mendirikan sholat sebagai kewajiban menjadi seorang muslim. Semoga bermanfaat!

4 thoughts on “Manfaat Sholat”

  1. Masya Alloh semoga kita menjadi hamba Alloh yang selalu mencintai sholat sebagai tanda cinta kepada Alloh SWT

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top
1
Hubungi Kami di Sini
Assalamualaikum
ada yang bisa kami bantu?