KEISTIMEWAHAN BULAN RAJAB

SIT Insan Mandiri Depok

Bulan Rajab 1443 H akan jatuh pada 3 Februari 2022. Bulan ini diyakini sebagai bulan yang sakral dan penuh keistimewaan. Rajab adalah satu dari 4 bulan haram yang dimuliakan Allah SWT. Di bulan Rajab dianjurkan untuk memperbanyak ibadah dan amalan baik. Bulan Rajab yang mendekati bulan Ramadan juga menjadi bulan untuk mempersiapkan bulan suci Ramadan.

Bulan Rajab juga dikenal sebagai bulan terjadinya peristiwa penting dalam Islam. Di bulan ini, Rasulullah untuk pertama kalinya mendapat perintah untuk menegakkan salat 5 waktu. 

Keistimewaan bulan Rajab dijelaskan dalam Al-Qur’an dan hadis. Berikut bunyi ayat dan hadisnya:
Dari Abi Bakrah RA bahwa Nabi SAW bersabda:
“Setahun ada dua belas bulan, empat darinya adalah bulan suci. Tiga darinya berturut-turut; Zulqa’dah, Zul-Hijjah, Muharam dan Rajab”. (HR. Imam Bukhari, Muslim, Abu Daud dan Ahmad).
Allah Ta’ala berfirman dalam QD. At Taubah : 36
”Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu”.

Berikut keistimewaan Bulan Rajab yaitu :

Bulan pengagungan
Rajab adalah bulan ketujuh dalam penganggalan Hijriyah. Kata “Rajab” berasal dari “r ajūb yang berarti pemujaan atau pengagungan. Nama Rajab secara harfiah berarti dihormati, diagungkan, dan dikagumi. Allah telah memilih Rajab di atas bulan-bulan lainnya untuk disakralkan.

Salah satu bulan suci

Rajab adalah satu dari empat bulan suci, termasuk Muharram, Zulkaidah, dan Zulhijah. Dalam bulan ini diharamkan melakukan pertempuran. Pada bulan ini umat Islam diharamkan berbuat maksiat. Rajab bersama dengan Syaban adalah awal dari bulan suci Ramaḍan.

Peristiwa Isra Miraj

Rajab merupakan bulan di mana Isra Miraj berlangsung. Isra Miraj merupakan perjalanan Nabi Muhammad SAW, dari Mekah ke Yerusalem dan kemudian melalui 7 Surga untuk bertemu Allah dan mendapat perintah menjalankan salat 5 waktu. Kisah tersebut terjadi pada suatu malam pada tanggal 27 Rajab.

Lahirnya Alī ibn Abī Ṭālib

Alī ibn Abī Ṭālib diyakini lahir pada bulan Rajab. Alī ibn Abī Ṭālib adalah sepupu, menantu sekaligus sahabat nabi Muhammad SAW. Ia merupakan khalifah ke keempat sepeninggal Nabi Muhammad SAW. Menurut sumber sejarah, Ali lahir pada tanggal 13 Rajab, sekitar tahun 600 M, di Mekah.

Bulan tercurahkan banyak nikmat

Rajab juga dikenal sebagai ‘Rajab al-Asabb’ atau ‘Rajab yang Melimpah’. Ini karena Allah mencurahkan banyak berkah dan nikmat-Nya di bulan ini, serta rahmat-Nya yang melimpah. Rajab juga dikenal sebagai Bulan Tawbah (pertobatan) dan Bulan Istighfar (memohon ampun).

Bulan tanpa perang

Rajab adalah bulan kedua dari bulan suci dan oleh karena itu haram untuk berperang atau terlibat dalam konflik selama waktu ini. Selama bulan Rajab, Allah melarang berlangsungnya peperangan. Rajab disebut juga ‘Rajab al-Asamm’ , yang berarti ‘Rajab yang Membungkam’. Hal ini karena siapapun tidak dapat mendengar peperangan pedang selama Rajab, karena pertempuran dilarang.

Bulan memohon ampun

Para ulama mengatakan bahwa Rajab adalah bulan untuk memohon ampun, Sya’ban adalah bulan untuk mendoakan Nabi Muhammad SAW, dan Ramadan adalah bulan diturunkannya Al-Qur’an. Di bulan Rajab, Allah membebaskan manusia dari neraka setiap jamnya. Rajab adalah bulan yang sangat baik untuk bertobat. Sebesar apapun dosa yang dilakukan jika bertaubat dengan ikhlas, maka insya Allah tobat akan diterima.

Bulan menyambut Ramadan

Bulan Ramadan akan datang setelah bulan Rajab dan Syaban. Penting bagi seluruh umat Islam untuk mulai mempersiapkan diri dari sekarang, meletakkan dasar-dasar kebiasaan yang baik dan membuat rencana tindakan untuk bulan yang penuh berkah ini.

Sebagaimana Imam Abu Bakar al-Warraq al-Balkhi (rh), paman Imam Tirmidzi (rh), berkata, “Bulan Rajab adalah bulan menanam (benihmu), Sya’ban adalah bulan mengairi / menyiram. (mereka), dan Ramadan adalah bulan memanen hasilnya”.

Bulan yang baik untuk berpuasa
Rajab adalah bulan yang baik untuk berpuasa. Ini sebabnya sangat dianjurkan untuk melakukan puasa Rajab. Pada dasarnya puasa sunnah memang dianjurkan dilaksanakan untuk memperoleh kemuliaan Allah. Berpuasa di bulan Rajab juga bisa menjadi persiapan menyambut bulan Ramadan.

Peristiwa bersejarah lain yang terjadi pada bulan Rajab
Rajab dipilih secara ilahi untuk sejumlah peristiwa bersejarah dan penting, seperti Isra Miraj. Selain Isra Miraj, Rajab juga menjadi bulan pernikahan kedua orang tua Rasulullah. Pada bulan Rajab juga, Aminah Ibu Rasulullah mengandung Rasulullah.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top
1
Hubungi Kami di Sini
Assalamualaikum
ada yang bisa kami bantu?