Keajaiban ISTIGFAR

Sebagai seorang insan yang hidup di akhir zaman, sungguh mudah terlena dengan nikmat dunia dan kefanaanya. Sejatinya “Manusia diciptakan (bersifat) tergesa-gesa. Kelak akan Aku perlihatkan kepadamu tanda-tanda (kekuasaan)-Ku. Maka janganlah kamu meminta Aku menyegerakannya.” Q.S. Al-Anbiya 37.

Terkadang manusia sering mendapatkan sebuah masalah dan memahaminya dengan tergesa-gesa, memandang bahwa masalahnya yang paling berat dan sulit untuk dilewati. Sebagian manusia menemukan pemecahan masalahnya dengan berbagai cara; ada yang memahaminya dengan berpikir positif adapula yang memahaminya dengan berpikir negatif. Sebuah ujian itu bisa berakhir menjadi sebuah pahala ataupun dosa terlepas dari cara kita melewatinya.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mencontohkan pada umatnya untuk memperbanyak istighfar Karena manusia tidaklah luput dari kesalahan dan dosa, sehingga istighfar dan taubat mesti dijaga setiap saat.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Demi Allah, aku sungguh beristighfar pada Allah dan bertaubat pada-Nya dalam sehari lebih dari 70 kali.” (HR. Bukhari no. 6307)

Istigfar adalah salah satu solusi terbaik untuk setiap masalah
“Barang siapa memperbanyak istigfar niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya dan rizki  dari arah yang tidak disangka-sangka” (HR. Ahmad dari Ibnu Abbas dan sanadnya)

Sesungguhnya masalah atau ujian itu adalah bentuk kasih sayang Allah Swt. kepada umatnya. Dengan kita banyak beristigfar kepada Allah, InsyaAllah akan menghapuskan dosa dan kesalahan kita yang tidak disengaja serta membuka jalan untuk mendapatkan ridho Allah Swt.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top
1
Hubungi Kami di Sini
Assalamualaikum
ada yang bisa kami bantu?