Hidup Sederhana dan Ikhlas

Hidup Sederhana

Allah swt adalah Tuhan Yang Maha Adil terhadap semua makhluk-Nya. Allah swt memberikan waktu dan kesempatan yang sama, tapi nasib manusia tidaklah sama. Ada yang senang berjuang dalam hidupnya sehingga ia bisa mencapai kesuksesan, ada pula yang bermalas-malasan sehingga ia gagal.

Kekayaan adalah bentuk keadilan Allah swt. Orang yang kaya berkewajiban membantu orang yang miskin. Karena kekayaan adalah amanah yang harus dijaga dan dipergunakan dengan baik.

Allah swt berfirman dalam Quran surah al-Furqan Ayat 67;

وَٱلَّذِينَ إِذَآ أَنفَقُواْ لَمۡ يُسۡرِفُواْ وَلَمۡ يَقۡتُرُواْ وَكَانَ بَيۡنَ ذَٰلِكَ قَوَاما

Artinya; “Dan orang-orang yang apabila membelanjakan (harta), mereka tidak berlebihan, dan tidak (pula) kikir, dan adalah (pembelanjaan itu) di tengah-tengah antara yang demikian”.

Cara Hidup Sederhana

Untuk hidup sederhana, ada pepatah mengatakan, “Belilah apa yang dibutuhkan, bukan yang diinginkan”. Artinya untuk hidup sederhana kita harus cerdas dalam membelanjakan harta dan tidak bersikap boros.

Adapun cara untuk hidup sederhana adalah sebagai berikut;

  1. Cermat Berbelanja
  2. Belajar Hemat
  3. Gemar bersedekah
  4. Rajin Menabung

Sikap Ikhlas

Manusia memiliki kewajiban untuk menyembah Allah swt. Ibadah adalah segala perkataan atau perbuatan yang ditunjukan untuk mengharap rido Allah swt. itulah yang disebut dengan ikhlas. Ikhlas artinya bersih dan murni. Maksudnya adalah melakukan sesuatu karena Allah swt.

Allah swt berfirman dalam Quran surah al-Bayyinah Ayat 5;

وَمَآ أُمِرُوٓاْ إِلَّا لِيَعۡبُدُواْ ٱللَّهَ مُخۡلِصِينَ لَهُ ٱلدِّينَ حُنَفَآءَ وَيُقِيمُواْ ٱلصَّلَوٰةَ وَيُؤۡتُواْ ٱلزَّكَوٰةَۚ وَذَٰلِكَ دِينُ ٱلۡقَيِّمَةِ

Artinya; “Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus”.

Kebalikan sikap ikhlas adalah sikap ria. Ria adalah melakukan sesuatu dengan tujuan mendapatkan imbalan baik berupa uang, harta benda, maupun pujian. Sebagai orang yang beriman kita harus menjauhi sifat ria untuk mendapatkan rido dari Allah swt. keuntungan orang yang mendapatkan rido Allah swt adalah sebagai berikut;

  1. Segala kebutuhannya dicukupi oleh Allah karena dia beribadah hanya untuk Allah.
  2. Allah melindunginya dari segala musibah karena keikhlasannya.
  3. Allah selalu mengabulkan doanya karena dia hanya memohon kepada Allah semata.
  4. Allah menunjukkan ke jalan yang benar karena ibadahnya hanya untuk Allah.
  5. Allah memudahkan semua urusannya karena Allah menyukai orang-orang yang taat menyembah-Nya.

Membiasakan Bersikap Ikhlas

Cara membiasakan diri bersikap ikhlas adalah dengan;

  1. Menentukan niat karena Allah.
  2. Mengerjakan dengan sungguh-sungguh.
  3. Tidak mengharap imbalan orang lain.
  4. Selalu bersikap jujur.

Itulah penjelasan sederhana tentang hidup sederhana dan sikap ikhlas. Semoga kita semua dapat menjalaninya dengan baik karena Allah swt.

ujungpena10.blogspot.com

10 thoughts on “Hidup Sederhana dan Ikhlas”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top
1
Hubungi Kami di Sini
Assalamualaikum
ada yang bisa kami bantu?