10 Karakter Seorang Muslim Menurut Hasan al-Banna

Hassan al-Banna merupakan pendiri dari Ikhwanul Muslimin, salah satu organisasi Islam terbesar dan berpengaruh pada Abad 20. Ia dilahirkan pada tanggal 14 Oktober 1906 di desa Mahmudiyah kawasan Buhairah, Mesir. Pada usia 12 tahun, Hasan al-Banna telah menghafal al-Qur’an. Ia adalah seorang mujahid dakwah, peletak dasar-dasar gerakan Islam sekaligus sebagai pendiri dan pimpinan Ikhwanul Muslimin (Persaudaraan Muslimin).

Untuk menjadi muslim sejati, Hasan Al-Banna merumuskan 10 karakteristik muslim yang dibentuk di dalam madrasah tarbawi. Menurut beliau, karakter ini merupakan pilar pertama terbentuknya masyarakat Islam maupun tertegaknya sistem Islam dimuka bumi. Ke -10 karakter tersebut adalah :

  • Pertama Akidah yang Lurus – Akidah adalah pondasi bagi amal. Akidah yang baik akan melahirkan amal yang baik.
  • Kedua Ibadah yang Benar – Seorang muslim harus selalu memperbaiki ibadahnya dengan tujuan mendatangkan cinta kepada Allah. Karena kecintaan kepada Allah dapat mendatangkan pertolongan-Nya.
  • Ketiga Akhlak yang Tangguh – Setiap individu dituntut untuk memiliki akhlak yang mulia sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW.
  • Keempat Bermata Pencaharian – Dalam islam tidak dibenarkan untuk bermalas-malasan. Karena itu muslim sejati harus memiliki sikap mandiri secara ekonomi dan bermata pencaharian atau tidak menganggur.
  • Kelima Wawasan yang Luas – Setiap individu dituntut untuk selalu mengembangkan wawasannya. Muslim yang baik adalah muslim yang selalu belajar dan mengupgrade dirinya sendiri baik di waktu muda maupun tua.
  • Keenam Jasmani yang Kuat – Setiap muslim harus memiliki badan yang sehat, karena di balik badan yang sehat akan menumbuhkan pemikiran-pemikiran positif yang bermanfaat.
  • Ketujuh Memerangi Hawa Nafsu – Seorang muslim harus bisa menahan hawa nafsunya dan tidak terjerumus ke dalam rayuan setan.
  • Kedepalan Teratur Urusannya – Seorang muslim harus pandai mengatur urusannya sehingga mencapai keberhasilan.
  • Kesembilan Pandai Menjaga Waktu – Seorang muslim harus pandai mengatur waktunya untukmelakukan kegiatan yang positif, jangan sampai waktu terbuang untuk melakukan perbuatan yang sia-sia.
  • Kesepuluh Bermanfaat Bagi Orang Lain – Seorang muslim dituntut untuk bermanfaat bagi orang lain. Salah satunya dapat berupa saling menasihati dalam hal kebaikan.

Demikian 10 karakter menjadi seorang Muslim menurut Hasan al-Banna, semoga bermanfaat.

13 thoughts on “10 Karakter Seorang Muslim Menurut Hasan al-Banna”

  1. Masya Alloh very nice, keren, good job.. semoga ananda Insan Mandiri Depok menjadi muslim dan muslimah yang memiliki 10 karakter tersebut

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top
1
Hubungi Kami di Sini
Assalamualaikum
ada yang bisa kami bantu?